Back

Profil Sekolah

Bogor, 11-12-2018

Sejarah Singkat

Tanah lapang seluas 1 ha lebih itu semula merupakan kebun karet. Sama seperti lahan di kanan kirinya. Wilayah Kedunghalang memang terkenal dengan daerah penghasil karet hingga wilayah Cijayanti, Cikeas. Tanaman pohon karet masih bisa dijumpai sekitar tahun '90-an sebelum munculnya perumahan yang tak menyisakan sedikitpun tanaman tersebut. Begitu pula tempat pengolahan karet yang terletak di Dharmais. Kemudian seorang tuan tanah keturunan Tionghoa yang makamnya masih bisa di lihat di dekat kantor pos di Jl.Pomad CiParigi, menghibahkan sebagian tanahnya untuk digunakan sebagai gedung sekolah dengan nama SMP Negeri 4 Kota Bogor filial SMPN Kedunghalang Kab. Bogor yg pada perkembangan selanjutnya berganti nama menjadi SMPN 1 Kedunghalang Kabupaten Bogor.

Bangunan gedungnya hanya empat kelas yg sangat sederhana karena terbuat dari bilik bambu. Mengingat bahwa kondisi pada tahun itu yakni 1968 memang memprihatinkan. Namun berkat kegigihan alm. Bp. Maman Suparman, alm. Bp. RM. Umar dan lainnya maka SMPN 4 filial kedung halang mengalami perubahan yang sangat berarti. Saking luasnya menyebabkan masyarakat sekitar sekolah sering menggunakannya sebagai tempat berbagai macam ajang kegiatan seperti misalnya pemutaran film layar tancap atau bermain sepak bola. Karena hanya ada satu sekolah negeri di tempat itu maka oleh pak Umar diambil inisiatif untuk mendirikan sekolah baru dengan nama SMP SEJAHTERA 1 yang satu atap dengan SMPN 1 Kedunghalang. Hal ini dimaksudkan untuk menampung keinginan belajar masyarakat yang tidak tertampung di sekolah negeri. 

Selang beberapa lama kemudian SMP SEJAHTERA 1 memiliki tambahan gedung sendiri yang berlokasi di Jl.  Dharmais maka untuk seterusnya SMP Sejahtera tak lagi menyatu dengan SMPN 1 Kedunghalang Bogor. Tampuk kepemimpinan pun berganti. Pak Maman Suparman digantikan oleh kepala sekolah baru ibu Hj. Margeni, BA Secara estafet berlanjut ke 

Bp. E.Sukarja, B.A
Bp. Enoch Suryadi, B.A
Bp. Anda Ratna,B .A
Ibu Hj. Dra. Maryati,
Bp. Drs. Endang Kusnadi,
ibu Hj. Dra. Arni Suhaerani, M.Pd, 
Bp. Akhmad Mukhyi, S.Pd.

Bp. Drs. Kuswa Wasja
Ibu Hj. Yani Herliani, M.Pd.
Bp. Sukendar MS
(Dari Blog pa Budiono) 


SMP Negeri 15 Bogor - Copyright 2018

Jl. Mandala No. 50 Kota Bogor

Depelovement & Design by arisddg31