Tanggal : 05/11/2015, 21:14:36, dibaca 966 kali.

Gunung Tertinggi di Dunia


Inilah 10 Gunung Tertinggi di Dunia


DARI daftar 10 gunung tertinggi di dunia ini, semuanya berada di Benua Asia. Menariknya, sembilan gunung di antaranya terbentang di kawasan Pegunungan Himalaya.
Berikut daftar 10 gunung tertinggi di dunia beserta lokasi dan pendaki pertama yang berhasil mencapai titik puncak gunung tersebut:

 1. Gunung Everest
 
- Ketinggian: 8.850 meter
- Pengunungan: Himalaya
- Wilayah: Nepal dan Tibet (China)
- Sebutan lain: Sagarmatha/ Chomolangma
- Penakluk pertama: Tenzing Norgay dan Edmund Hillary (29 Mei 1953)

Everest adalah gunung yang menjadi tujuan para pendaki dan pecinta alam di seluruh dunia. Ribuan orang setiap tahunnya berusaha 'menaklukan' gunung tertinggi di jagat raya ini.
Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha, yang dalam bahasa Sanskerta berarti 'Kepala Langit'. Sedangkan di Tibet disebut Chomolangma yang berarti 'Bunda Semesta'.
 
Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest, seorang ilmuwan yang pertama kali mengukur ketinggian gunung ini lewat perhitungan trigonometri. Nama Everest diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, yang merupakan seorang peneliti penerus Sir George Everest.
 
Terdapat beberapa variasi dari segi ukuran. Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 m, tetapi dinyatakan 8.840 m (29.002 kaki). Tambahan 0,6 m (2 kaki) menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan.
 

2. Gunung Godwin-Austen

- Ketinggian: 8.611 meter
- Pengunungan: Karakoram
- Wilayah: Pakistan dan China
- Sebutan lain: K2/ Qogir
- Penakluk pertama: Lino Lacedelli dan Achille Compagnoni (31 Juli 1954)

Gunung yang sering disebut K2 ini mendapat julukan 'Savage Mountain' atau 'Gunung Kejam' karena memiliki tingkat kesulitan yang tinggi untuk didaki ketimbang Gunung Everest.

Hal tersebut disebabkan keadaan cuaca di gunung yang terletak di kawasan Pegunungan Karakoram ini sering kali buruk alias tak bersahabat.

Tercatat pada tahun 2004, hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Satt itu, setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendaki gunung ini.

Nama Godwin-Austen sendiri merupakan nama orang yang pertama kali mendaki gunung ini, Henry Godwin-Austen, meski tidak mencapai puncaknya.
 

3. Gunung Kangchenjunga





- Ketinggian: 8.586 meter
- Pengunungan: Himalaya
- Wilayah: Nepal dan India
- Sebutan lain: Sewalungma
- Penakluk pertama: Joe Brown dan George Band (25 Mei 1955)


Kangchenjunga atau sering disebut Sewalungma, adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia. Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal.

Nama Kangchenjunga memiliki makna 'Lima Harta Karun Salju', karena terdiri dari lima puncak, empat di antaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. 'Harta karun' itu melambangkan lima benda milik dewa yaitu emas, perak, permata, biji-bijian, dan kitab suci.

Tiga dari lima puncaknya (utama, tengah, dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim (India) dan Distrik Taplejung (Nepal). Sedangkan dua puncak lainnya berada di Distrik Taplejung (Nepal).

Organisasi lingkungan hidup dunia World Wildlife Fund (WWF) menjadikan sebagian wilayah gunung ini yang terletak di Nepal sebagai
Kangchenjunga Conservation Area Project, sebuah area konservasi bagi perlindungan satwa dan tanaman khas Nepal, yang salah satunya adalah Panda Merah.

Bagian India juga memiliki wilayah yang dilindungi berada dalam Taman Nasional Khangchendzonga.



 


4. Gunung Lhotse





- Ketinggian: 8.516 meter
- Pengunungan: Himalaya
- Wilayah: Nepal dan Tibet (China)
- Penakluk pertama: Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss (18 Mei 1956)


Dalam Bahasa Tibet, Lhotse memiliki arti 'Puncak Selatan' karena memang terletak di bagian selatan wilayah tersebut.

Gunung ini memiliki tiga puncak, yakni Puncak Lhotse dengan ketinggian 8.516 m, Puncak Lhotse Middle 8.414 m, dan Puncak Lhotse Shar 8.383 m.

Gunung Lhotse pertama kali dieksplorasi oleh Tim International Himalayan Expedition pada tahun 1955. Namun, baru setahun kemudian (1956), puncak tertingginya mampu ditaklukan oleh dua pendaki asal Swiss, yakni Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss.


 



5. Gunung Makalu





- Ketinggian: 8.463 meter
- Pengunungan: Himalaya
- Wilayah: Nepal dan China
- Penakluk pertama: Lionel Terray dan Jean Couzy (15 Mei 1955)


Makalu merupakan gunung tertinggi kelima di dunia. Gunung ini memiliki bentuk yang unik yaitu berupa piramida empat sisi .

Secara geografis, Gunung Makalu terletak hanya 19 km sebelah tenggara Gunung Everest.



6. Gunung Cho Oyu
 


- Ketinggian: 8.188 meter
- Pengunungan: Himalaya
- Wilayah: Nepal dan Tibet (China)
- Penakluk pertama: Joseph Jochler, Herbert Tichy. dan Pasang Dawa Lama (19 Oktober 1954)


Cho Oyu adalah merupakan gunung keenam tertinggi didunia. Lokasinya tidak terlalu jauh dari arah barat Gunung Everest dan Gunung Lhotse, di wilayah Khumbu yang merupakan bagian Timur Nepal dan sepanjang perbatasan Tibet.

Puncaknya berdiri megah bersama dengan Everest dan gunung-gunung di sekitarnya. Ini menjadi landmark yang sangat dikenal oleh para pendaki yang yang mendaki Everest dari sebelah dinding utara.

Di sebelah barat Hunung Cho Oyu, terdapat Nangpa La, glacier dengan tinggi 19.000 kaki (5.800 m), yang merupakan rute perdagangan barter antara Nepal dan Tibet.


 


7. Gunung Dhaulagiri
 


- Ketinggian: 8.167 meter
- Pengunungan: Himalaya
- Wilayah: Nepal
- Penakluk pertama: Kurt Diemberger, P. Diener, E. Forrer, A. Schelbert, Nyima Dorje Sherpa, Nawang Dorje Sherpa (13 Mei 1960)


Gunung ini terletak di barat laut Pokhara, sebuah kota regional penting di Nepal yang merupakan pusat wisata. Membentuk timur jangkar dari Himal Dhaulagiri, sebuah 
sub-range dari Himalaya di Zona Dhawalagiri, Nepal bagian utara.

Dhaulagiri mempunyai arti 'White Mountain' atau 'Gunung Putih'. Pendakian pertama dilakukan oleh tim dari Swiss dan Austria pada 13 Mei 1960.


 


8. Gunung Manaslu
 


- Ketinggian: 8.156 meter
- Pengunungan: Himalaya
- Wilayah: Nepal
- Sebutan lain: Kutang
- Penakluk pertama: Toshio Imanishi dan Gyaltsen Norbu (9 Mei 1956)


Gunung Manaslu terletak di Mansiri Himal, bagian dari pegunungan Himalaya yang berada di wilayah Nepal. Kata Manaslu berasal dari kata bahasa Sanskerta, Manasa, yang berarti 'Gunung Jiwa'.

Gunung ini juga dikenal dengan nama Kutang. Adapun kata Manaslu berasal dari kata Bahasa Sanskerta, Manasa, yang berarti 'Mountain of the Spirit' atau 'Gunung Jiwa'.


 


9. Gunung Nanga Parbat
 


- Ketinggian: 8.126 meter
- Pengunungan: Himalaya
- Wilayah: Pakistan
- Penakluk pertama: Hermann Buhl (3 Juli 1953)


Nanga Parbat merupakan sebuah gunung kebanggaan rakyat Pakistan. Gunung ini terletak di bagian utara di negara tersebut. Dalam bahasa setempat, Nanga Parbat mempunyai arti 'Naked Mountain'.

Untuk tingkat kesulitan, medan Gunung Nanga Parbat disebut sama beratnya dengan Gunung Godwin-Austen (K2). Sulitnya medan pada gunung ini membuatnya mendapat julukan 'The Man Eater' atau 'Killer Mountain'.


 


10. Gunung Annapurna
 


- Ketinggian: 8.091 meter
- Pengunungan: Himalaya
- Wilayah: Nepal
- Sebutan lain: Annporna/ Morshiadi.
- Penakluk pertama: Maurice Herzog dan Louis Lachenal (1950)


Gunung Annapurna, yang masuk dalam jajaran pegunungan Himalaya di Nepal ini, memiliki beberapa puncak, dengan puncak utamanya setinggi 8.091 m.

Annapurna berasal dari Bahasa Sansekerta yang mempunyai arti 'Full of Food' atau juga disebut 'Goddess of the Harvests' atau 'Dewi Panen'.


Gunung ini juga memiliki beberapa nama lain, di antaranya Annporna dan Morshiadi.

 
Sumber: http://m.inilah.com/news/detail/2202897/Inilah-10-Gunung-Tertinggi-di-Dunia/23513/Gunung-Makalu